Kamis, 10 Mei 2012

Cara Cerdas Membeli Makanan



Makanan kemasan sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Di zaman serba instan seperti sekarang ini, faktor praktis dan cepat sangat penting. Kecuali makanan rutin yang dikonsumsi pada saat jam makan, tiga kali sehari, masyarakat terbiasa mengonsumsi produk kemasan, mulai dari makanan ringan sampai minuman kaleng.
Cara paling mudah untuk mendapatkan produk kemasan yang aman dan sehat adalah memperhatikan tiga informasi pokok, yakni kemasan produk, label produk, dan tanda daftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) atau Departemen Kesehatan. Masyarakat harus memilih makanan dengan kemasan yang baik. Kondisi fisik kemasan bisa berpengaruh pada isinya, kemasan yang sudah rusak dikhawatirkan isinyapun rusak, terjadi kontaminasi, dan dapat mengakibatkan keracunan. 
Keterangan pada label makanan kemasan sangat membantu konsumen pada saat memilih dan menggunakannya. Komposisi yang terkandung dalam makanan tersebut dapat memberikan informasi kepada konsumen apa saja bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Mungkin saja salah satu bahannya termasuk yang perlu kita hindari, sehubungan dengan penyakit atau reaksi alergi. Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui cara membaca label produk suatu makanan.
Apa yang harus diperhatikan pada label produk makanan ?
a.  Informasi Gizi
b. Persentase Pelabelan
c. Nama atau Deskripsi Produk
d. Layanan Konsumen
e. Informasi yang Menimbulkan Alergi 
f. Tanggal Pembuatan atau Batas Tanggal Konsumsi (expair date) 
g. Daftar Bahan Makanan
h. Label Produk harus Mendeskripsikan Isi Kemasan yang Tepat 
i.  Zat Makanan yang Berbahaya atau Dapat Meracuni 
j.  Bahan Makanan Legal
k.  Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan
l.  Tempat Produksi
m.  Lambang Halal atau Haram
n.  Izin dari BPOM
o. Berat Bersih Produk

Agar kesehatan dan keamanan dalam mengonsumsi makanan kemasan dapat terlindungi, maka sangat diharapkan para konsumen dapat melakukan analisis label produk makanan yang akan dikonsumsi. Selamat mencoba J


1 komentar: